Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kurikulum dan Buku Teks PPKn
Dosen pengampu
Drs.Hamonangan S.,M.Si
Drs.AT.Sugeng P.,M.Si
oleh
Isna Kholidazia
3301411076
Rombel 03
JURUSAN
HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN 1 Lemahabang
Kelas :
IX
Semester :
1 (satu)
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 4x 40 menit (2 pertemuan )
A. Standar Kompetensi
2. Memahami pelaksanaan otonomi
daerah
B. Kompetensi Dasar
2.1
medeskripsikan pengertian otonomi daerah
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Mendeskripsikan
pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
Pertemuan 2
1. Menjelaskan proses
terbentuknya otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2. Menunjukan beberapa
manfaat dari dibentuknya otonomi daerah
D.
Materi Ajar
1.
Pengertian otomoni daerah
2.
Landasan hukum berlakunya otonomi daerah
3.
Manfaat dibentuknya otonomi daerah
E. Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
1
|
A.Pendahuluan (10 menit
)
|
|
1.kesiapan kelas dalam
pembelajaran ( berdo’a apabila jam
petama, presensi,
kebersihan kelas )
2.M emberikan
petanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pegetahuan peserta didik dengan materi
yang akan dipelajari tentang otonomi daerah
3.Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
|
||
B.Inti ( 60 menit )
|
||
1.Menggali informasi
dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah
2.Peserta didik yang
lain menanyakan atau menanggapi presentasi tentang pengertian otonomi daerah
yang berlaku di Indonesia.
3.Guru melakukan
kofirmasi pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.
|
||
C.Penutup ( 10 menit )
|
||
1.Peserta didik dengan
dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang pengertian
otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2.Peserta didik
mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan pendidik dan menyampaikan
rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya berkenaan dengan peraturan
perundangan mengenai otonomi daerah
3.Salah satu peserta
didik memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
||
2
|
A.Pendahuluan ( 10
menit )
|
|
1.Kesiapan kelas dalam
pembelajaran ( berdo’a apabila jam pertama, absensi, kebersihan kelas )
2.Memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan peserta didik dengna materi
yang akan dipelajari berkenaan dengan peraturan perundangan mengenai otonomi
daerah
3.Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
||
B.Inti ( 60 menit )
|
||
1.Menggali informasi
dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah, khususnnya yang
berkenaan dengan landasan hukum
berlakunya otonomi daerah yang beralaku di Indonesia
2.Tanya jawab tentang
landasan hukum otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
3.Menjelaskan manfaat
dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
4.Tanya jawab tentang
manfaat dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
|
||
C.Penutup ( 10 menit )
|
||
1.Peserta didik
dibimbing dan di fasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang landasan
hukum dan manfaat otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan
yang berlaku
2.Tes tertulis
3.Salah satu peserta didik
memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
G. Sumber
Belajar
v
Abdul Gaffar
Karim. 2003. Kompleksitas Persoalan
Otonomi Derah.Yogyakarta : Putaka Pelajar. Halaman 22-26
v
Sunarto. 2012. Dasar-dasar Pemahaman Hukum Tata Negara. Semarang
: UPT MKK UNNES. Halaman 105
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Inturmen
|
Contoh Instrumen
|
· Menjelaskan pengertian otonomi daerah
|
Penilaian Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran 1
|
· Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai
otonomi daerah
|
Penilaian tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran
1
|
· Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah
|
Penilaian tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran
1
|
Mengetahui :
Semarang,.........................2012
Kepala Sekolah,
Guru Pendidikan Kewarganegaraan,
........................................... ...........................................................
Lampiran 1
v Pilihlah satu jawaban yang benar.
.
1. Kata Otonomi berasal dari bahasa . . . .
a. Belanda c. Yunani
1. Kata Otonomi berasal dari bahasa . . . .
a. Belanda c. Yunani
b. Inggris d. Jerman
2. Kata Otonomi terdiri
dari kata Autos dan Nomos yang artinya . . . .
a. Mengatur bebas c. Mengatur semua
b. Sendiri mengatur d. Mengatur masyarakat
a. Mengatur bebas c. Mengatur semua
b. Sendiri mengatur d. Mengatur masyarakat
3. Kewenangan untuk
mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri
berdasarkan aspirasi masyarakat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/99 b. 23/99 c. 32/99 d. 33/99
a. 22/99 b. 23/99 c. 32/99 d. 33/99
4. Hak, wewenang dan
kewajiban daerah otonom untuk ,mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah
dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peratutan perundang-undangan.
Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/2004 b. 23/2004 c. 32/2004 d. 33/2004
a. 22/2004 b. 23/2004 c. 32/2004 d. 33/2004
5. Kasatuan masyarakat
hukum yang mempunyai batas daerah tertentu, berwenang mengatur, mengurus
kepentingan masyarakat dalam ikatan Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat
ini adalah pengertian dari . . . .
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
b. otonomi penuh d. Daerah Otonom
6. Penyerahan wewenang
pemerintah oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah otonom dalam
kerangaka Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat ini adalah pengertian
dari . . . .
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
b. otonomi penuh d. Daerah Otonom
7. Perhatikan pernyataan
berikut:
1. Peningkatan kesejahteraan rakyat 2. Pemusatan kekuasaan
3. Demokratisasi 4. Kurangnya pemerataan dibidang ekonomi
5. Pemerataan dan keadilan 6. Minimnya penyaluran aspirasi masyarakat
Pernyataan diatas manakah yang merupakan latar belakang adanya otonomi daerah ?.
a. 1, 2, 3 b. 4, 5, 6 c. 1, 3, 5 d. 2, 4, 6.
1. Peningkatan kesejahteraan rakyat 2. Pemusatan kekuasaan
3. Demokratisasi 4. Kurangnya pemerataan dibidang ekonomi
5. Pemerataan dan keadilan 6. Minimnya penyaluran aspirasi masyarakat
Pernyataan diatas manakah yang merupakan latar belakang adanya otonomi daerah ?.
a. 1, 2, 3 b. 4, 5, 6 c. 1, 3, 5 d. 2, 4, 6.
8. Di provinsi Papua
dikenal adanya Majelis Rakyat Papua. Lembaga ini merupakan perwakilan budaya
orang asli Papua yang memiliki wewenang dalam rangka perlindungan hak-hak orang
asli Papua. Lembaga MRP ini dibentuk berdasarkan latar belakang otonomi daerah
yakni . . . .
a. Penyaluran aspirasi masyarakat c. Pemberdayaan budaya lokal
a. Penyaluran aspirasi masyarakat c. Pemberdayaan budaya lokal
b. Penghormatan terhadap
budaya lokal d. Pemanfaatan budaya
local
9. Otonomi daerah
disebut juga dengan sistim . . . . .
a. Desentralisasi c. Sentralisasi
a. Desentralisasi c. Sentralisasi
b. Dekonsentrasi d. Tugas pembantuan
10. Pemerintah daerah
dalam meningkatkan pendapatannya bisa memiliki Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD)
yang dapat bekerjasama dengan pihak ketiga dan melakukan pinjaman. Kalimat ini
sangat sesuai dengan tujuan pemberian otonomi daerah terutama untuk peningkatan
a. Daya saing masyarakat c. Kesejahteraan masyarakat
a. Daya saing masyarakat c. Kesejahteraan masyarakat
b. Pelayanan masyarakat d. Potensi daerah otonom
v Kunci
Jawaban dan Pedoman Penilaian
1 C. Yunani
2 B sendiri menagtur
3 A 22/99
3 A 22/99
4 C 32/2004
5 D daerah otonom
6 C desentralisasi
5 D daerah otonom
6 C desentralisasi
7 D 2, 4, 6
8 B penghormatan terhadap budaya lokal
9 A desentralisasi
9 A desentralisasi
10 C kesejahteraan masyarakat
Nilai =Jumlah Jawaban Benar x 10
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kurikulum dan Buku Teks PPKn
Dosen pengampu
Drs.Hamonangan S.,M.Si
Drs.AT.Sugeng P.,M.Si
oleh
Isna Kholidazia
3301411076
Rombel 03
JURUSAN
HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN 1 Lemahabang
Kelas :
IX
Semester :
1 (satu)
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 4x 40 menit (2 pertemuan )
A. Standar Kompetensi
2. Memahami pelaksanaan otonomi
daerah
B. Kompetensi Dasar
2.1
medeskripsikan pengertian otonomi daerah
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Mendeskripsikan
pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
Pertemuan 2
1. Menjelaskan proses
terbentuknya otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2. Menunjukan beberapa
manfaat dari dibentuknya otonomi daerah
D.
Materi Ajar
1.
Pengertian otomoni daerah
2.
Landasan hukum berlakunya otonomi daerah
3.
Manfaat dibentuknya otonomi daerah
E. Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
1
|
A.Pendahuluan (10 menit
)
|
|
1.kesiapan kelas dalam
pembelajaran ( berdo’a apabila jam
petama, presensi,
kebersihan kelas )
2.M emberikan
petanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pegetahuan peserta didik dengan materi
yang akan dipelajari tentang otonomi daerah
3.Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
|
||
B.Inti ( 60 menit )
|
||
1.Menggali informasi
dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah
2.Peserta didik yang
lain menanyakan atau menanggapi presentasi tentang pengertian otonomi daerah
yang berlaku di Indonesia.
3.Guru melakukan
kofirmasi pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.
|
||
C.Penutup ( 10 menit )
|
||
1.Peserta didik dengan
dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang pengertian
otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2.Peserta didik
mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan pendidik dan menyampaikan
rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya berkenaan dengan peraturan
perundangan mengenai otonomi daerah
3.Salah satu peserta
didik memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
||
2
|
A.Pendahuluan ( 10
menit )
|
|
1.Kesiapan kelas dalam
pembelajaran ( berdo’a apabila jam pertama, absensi, kebersihan kelas )
2.Memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan peserta didik dengna materi
yang akan dipelajari berkenaan dengan peraturan perundangan mengenai otonomi
daerah
3.Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
||
B.Inti ( 60 menit )
|
||
1.Menggali informasi
dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah, khususnnya yang
berkenaan dengan landasan hukum
berlakunya otonomi daerah yang beralaku di Indonesia
2.Tanya jawab tentang
landasan hukum otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
3.Menjelaskan manfaat
dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
4.Tanya jawab tentang
manfaat dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku
|
||
C.Penutup ( 10 menit )
|
||
1.Peserta didik
dibimbing dan di fasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang landasan
hukum dan manfaat otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan
yang berlaku
2.Tes tertulis
3.Salah satu peserta didik
memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
G. Sumber
Belajar
v
Abdul Gaffar
Karim. 2003. Kompleksitas Persoalan
Otonomi Derah.Yogyakarta : Putaka Pelajar. Halaman 22-26
v
Sunarto. 2012. Dasar-dasar Pemahaman Hukum Tata Negara. Semarang
: UPT MKK UNNES. Halaman 105
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Inturmen
|
Contoh Instrumen
|
· Menjelaskan pengertian otonomi daerah
|
Penilaian Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran 1
|
· Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai
otonomi daerah
|
Penilaian tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran
1
|
· Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah
|
Penilaian tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Lampiran
1
|
Mengetahui :
Semarang,.........................2012
Kepala Sekolah,
Guru Pendidikan Kewarganegaraan,
........................................... ...........................................................
Lampiran 1
v Pilihlah satu jawaban yang benar.
.
1. Kata Otonomi berasal dari bahasa . . . .
a. Belanda c. Yunani
1. Kata Otonomi berasal dari bahasa . . . .
a. Belanda c. Yunani
b. Inggris d. Jerman
2. Kata Otonomi terdiri
dari kata Autos dan Nomos yang artinya . . . .
a. Mengatur bebas c. Mengatur semua
b. Sendiri mengatur d. Mengatur masyarakat
a. Mengatur bebas c. Mengatur semua
b. Sendiri mengatur d. Mengatur masyarakat
3. Kewenangan untuk
mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri
berdasarkan aspirasi masyarakat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/99 b. 23/99 c. 32/99 d. 33/99
a. 22/99 b. 23/99 c. 32/99 d. 33/99
4. Hak, wewenang dan
kewajiban daerah otonom untuk ,mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah
dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peratutan perundang-undangan.
Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/2004 b. 23/2004 c. 32/2004 d. 33/2004
a. 22/2004 b. 23/2004 c. 32/2004 d. 33/2004
5. Kasatuan masyarakat
hukum yang mempunyai batas daerah tertentu, berwenang mengatur, mengurus
kepentingan masyarakat dalam ikatan Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat
ini adalah pengertian dari . . . .
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
b. otonomi penuh d. Daerah Otonom
6. Penyerahan wewenang
pemerintah oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah otonom dalam
kerangaka Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat ini adalah pengertian
dari . . . .
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
a. otonomi daerah c. Desentralisasi
b. otonomi penuh d. Daerah Otonom
7. Perhatikan pernyataan
berikut:
1. Peningkatan kesejahteraan rakyat 2. Pemusatan kekuasaan
3. Demokratisasi 4. Kurangnya pemerataan dibidang ekonomi
5. Pemerataan dan keadilan 6. Minimnya penyaluran aspirasi masyarakat
Pernyataan diatas manakah yang merupakan latar belakang adanya otonomi daerah ?.
a. 1, 2, 3 b. 4, 5, 6 c. 1, 3, 5 d. 2, 4, 6.
1. Peningkatan kesejahteraan rakyat 2. Pemusatan kekuasaan
3. Demokratisasi 4. Kurangnya pemerataan dibidang ekonomi
5. Pemerataan dan keadilan 6. Minimnya penyaluran aspirasi masyarakat
Pernyataan diatas manakah yang merupakan latar belakang adanya otonomi daerah ?.
a. 1, 2, 3 b. 4, 5, 6 c. 1, 3, 5 d. 2, 4, 6.
8. Di provinsi Papua
dikenal adanya Majelis Rakyat Papua. Lembaga ini merupakan perwakilan budaya
orang asli Papua yang memiliki wewenang dalam rangka perlindungan hak-hak orang
asli Papua. Lembaga MRP ini dibentuk berdasarkan latar belakang otonomi daerah
yakni . . . .
a. Penyaluran aspirasi masyarakat c. Pemberdayaan budaya lokal
a. Penyaluran aspirasi masyarakat c. Pemberdayaan budaya lokal
b. Penghormatan terhadap
budaya lokal d. Pemanfaatan budaya
local
9. Otonomi daerah
disebut juga dengan sistim . . . . .
a. Desentralisasi c. Sentralisasi
a. Desentralisasi c. Sentralisasi
b. Dekonsentrasi d. Tugas pembantuan
10. Pemerintah daerah
dalam meningkatkan pendapatannya bisa memiliki Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD)
yang dapat bekerjasama dengan pihak ketiga dan melakukan pinjaman. Kalimat ini
sangat sesuai dengan tujuan pemberian otonomi daerah terutama untuk peningkatan
a. Daya saing masyarakat c. Kesejahteraan masyarakat
a. Daya saing masyarakat c. Kesejahteraan masyarakat
b. Pelayanan masyarakat d. Potensi daerah otonom
v Kunci
Jawaban dan Pedoman Penilaian
1 C. Yunani
2 B sendiri menagtur
3 A 22/99
3 A 22/99
4 C 32/2004
5 D daerah otonom
6 C desentralisasi
5 D daerah otonom
6 C desentralisasi
7 D 2, 4, 6
8 B penghormatan terhadap budaya lokal
9 A desentralisasi
9 A desentralisasi
10 C kesejahteraan masyarakat
Nilai =Jumlah Jawaban Benar x 10
mbak ijin ngopy RPPnya..
BalasHapus