Pengikut

Rabu, 11 Juli 2012

contoh RPP






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kurikulum dan Buku Teks PPKn

Dosen pengampu

Drs.Hamonangan S.,M.Si
Drs.AT.Sugeng P.,M.Si





 oleh

Isna Kholidazia
3301411076
Rombel 03










JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan            :     SMPN 1 Lemahabang
Kelas                                 :     IX
Semester                           :     1 (satu)
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu                  :     4x 40 menit (2 pertemuan )

A.     Standar Kompetensi


2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah

B.     Kompetensi Dasar

2.1 medeskripsikan pengertian otonomi daerah

C.    Tujuan Pembelajaran


Pertemuan 1

1.      Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia

Pertemuan 2

1.   Menjelaskan proses terbentuknya otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2.   Menunjukan beberapa manfaat dari dibentuknya otonomi daerah

D.    Materi Ajar

1.      Pengertian otomoni daerah
2.      Landasan hukum berlakunya otonomi daerah
3.      Manfaat dibentuknya otonomi daerah

E.     Metode Pembelajaran

  1. Penugasan
  2. Diskusi
  3. Tanya Jawab










F.      Kegiatan Pembelajaran


Pertemuan ke-
Kegiatan Pembelajaran
1








A.Pendahuluan (10 menit )
1.kesiapan kelas dalam pembelajaran  ( berdo’a apabila jam petama, presensi,                kebersihan kelas )
2.M emberikan petanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pegetahuan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari tentang otonomi daerah
3.Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
B.Inti ( 60 menit )
1.Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah
2.Peserta didik yang lain menanyakan atau menanggapi presentasi tentang pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.
3.Guru melakukan kofirmasi pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.
C.Penutup ( 10 menit )
1.Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2.Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan pendidik dan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya berkenaan dengan peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
3.Salah satu peserta didik memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
2
A.Pendahuluan ( 10 menit )
1.Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( berdo’a apabila jam pertama, absensi, kebersihan kelas )
2.Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan peserta didik dengna materi yang akan dipelajari berkenaan dengan peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
3.Menjelaskan  tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
B.Inti ( 60 menit )
1.Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah, khususnnya yang berkenaan dengan  landasan hukum berlakunya otonomi daerah yang beralaku di Indonesia
2.Tanya jawab tentang landasan hukum otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
3.Menjelaskan manfaat dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
4.Tanya jawab tentang manfaat dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku

C.Penutup ( 10 menit )


1.Peserta didik dibimbing dan di fasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang landasan hukum dan manfaat otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2.Tes tertulis
3.Salah satu peserta didik memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran


G.    Sumber Belajar

v  Abdul Gaffar Karim. 2003. Kompleksitas Persoalan Otonomi Derah.Yogyakarta : Putaka Pelajar. Halaman 22-26
v  Sunarto. 2012. Dasar-dasar Pemahaman Hukum Tata Negara. Semarang : UPT MKK UNNES. Halaman 105

H.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Inturmen
Contoh Instrumen
·       Menjelaskan pengertian otonomi daerah
Penilaian  Tertulis
Pilihan Ganda

Lampiran 1

·       Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
Penilaian tertulis
Pilihan Ganda
Lampiran 1
·       Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah
Penilaian  tertulis
Pilihan Ganda
Lampiran 1








Mengetahui :                                                                          Semarang,.........................2012
Kepala Sekolah,                                                                     Guru Pendidikan Kewarganegaraan,




...........................................                                                      ...........................................................





Lampiran 1

v  Pilihlah satu jawaban yang benar.

.
1. Kata Otonomi berasal dari bahasa . . . .
a. Belanda        c. Yunani
b. Inggris         d. Jerman

2. Kata Otonomi terdiri dari kata Autos dan Nomos yang artinya . . . .
a. Mengatur bebas      c. Mengatur semua
b. Sendiri mengatur   d. Mengatur masyarakat

3. Kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/99     b. 23/99      c. 32/99        d. 33/99

4. Hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk ,mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peratutan perundang-undangan. Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/2004     b. 23/2004     c. 32/2004      d. 33/2004

5. Kasatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah tertentu, berwenang mengatur, mengurus kepentingan masyarakat dalam ikatan Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat ini adalah pengertian dari . . . .
a. otonomi daerah      c. Desentralisasi
b. otonomi penuh      d. Daerah Otonom

6. Penyerahan wewenang pemerintah oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah otonom dalam kerangaka Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat ini adalah pengertian dari . . . .
a. otonomi daerah        c. Desentralisasi
b. otonomi penuh        d. Daerah Otonom

7. Perhatikan pernyataan berikut:
1. Peningkatan kesejahteraan rakyat 2. Pemusatan kekuasaan
3. Demokratisasi 4. Kurangnya pemerataan dibidang ekonomi
5. Pemerataan dan keadilan 6. Minimnya penyaluran aspirasi masyarakat
Pernyataan diatas manakah yang merupakan latar belakang adanya otonomi daerah ?.
a. 1, 2, 3       b. 4, 5, 6        c. 1, 3, 5           d. 2, 4, 6.

8. Di provinsi Papua dikenal adanya Majelis Rakyat Papua. Lembaga ini merupakan perwakilan budaya orang asli Papua yang memiliki wewenang dalam rangka perlindungan hak-hak orang asli Papua. Lembaga MRP ini dibentuk berdasarkan latar belakang otonomi daerah yakni . . . .
a. Penyaluran aspirasi masyarakat               c. Pemberdayaan budaya lokal
b. Penghormatan terhadap budaya lokal        d. Pemanfaatan budaya local

9. Otonomi daerah disebut juga dengan sistim . . . . .
a. Desentralisasi         c. Sentralisasi
b. Dekonsentrasi        d. Tugas pembantuan

10. Pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatannya bisa memiliki Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD) yang dapat bekerjasama dengan pihak ketiga dan melakukan pinjaman. Kalimat ini sangat sesuai dengan tujuan pemberian otonomi daerah terutama untuk peningkatan
a. Daya saing masyarakat        c. Kesejahteraan masyarakat
 b. Pelayanan masyarakat        d. Potensi daerah otonom


v  Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1      C. Yunani
2      B   sendiri menagtur
3      A   22/99
4      C   32/2004
5      D   daerah otonom
6      C   desentralisasi
7      D   2, 4, 6
8      B   penghormatan terhadap budaya lokal
9      A   desentralisasi
10    C   kesejahteraan masyarakat


Nilai      =Jumlah Jawaban Benar x 10


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kurikulum dan Buku Teks PPKn

Dosen pengampu

Drs.Hamonangan S.,M.Si
Drs.AT.Sugeng P.,M.Si





 oleh

Isna Kholidazia
3301411076
Rombel 03










JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan            :     SMPN 1 Lemahabang
Kelas                                 :     IX
Semester                           :     1 (satu)
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu                  :     4x 40 menit (2 pertemuan )

A.     Standar Kompetensi


2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah

B.     Kompetensi Dasar

2.1 medeskripsikan pengertian otonomi daerah

C.    Tujuan Pembelajaran


Pertemuan 1

1.      Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia

Pertemuan 2

1.   Menjelaskan proses terbentuknya otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2.   Menunjukan beberapa manfaat dari dibentuknya otonomi daerah

D.    Materi Ajar

1.      Pengertian otomoni daerah
2.      Landasan hukum berlakunya otonomi daerah
3.      Manfaat dibentuknya otonomi daerah

E.     Metode Pembelajaran

  1. Penugasan
  2. Diskusi
  3. Tanya Jawab










F.      Kegiatan Pembelajaran


Pertemuan ke-
Kegiatan Pembelajaran


1








A.Pendahuluan (10 menit )

1.kesiapan kelas dalam pembelajaran  ( berdo’a apabila jam petama, presensi,                kebersihan kelas )
2.M emberikan petanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pegetahuan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari tentang otonomi daerah
3.Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

B.Inti ( 60 menit )

1.Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah
2.Peserta didik yang lain menanyakan atau menanggapi presentasi tentang pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.
3.Guru melakukan kofirmasi pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.

C.Penutup ( 10 menit )

1.Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang pengertian otonomi daerah yang berlaku di Indonesia
2.Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan pendidik dan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya berkenaan dengan peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
3.Salah satu peserta didik memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

2
A.Pendahuluan ( 10 menit )

1.Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( berdo’a apabila jam pertama, absensi, kebersihan kelas )
2.Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan peserta didik dengna materi yang akan dipelajari berkenaan dengan peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
3.Menjelaskan  tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai
4.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

B.Inti ( 60 menit )

1.Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian otonomi daerah, khususnnya yang berkenaan dengan  landasan hukum berlakunya otonomi daerah yang beralaku di Indonesia
2.Tanya jawab tentang landasan hukum otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
3.Menjelaskan manfaat dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
4.Tanya jawab tentang manfaat dibentuknya otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku


C.Penutup ( 10 menit )



1.Peserta didik dibimbing dan di fasilitasi pendidik membuat kesimpulan tentang landasan hukum dan manfaat otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
2.Tes tertulis
3.Salah satu peserta didik memimpin do’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran



G.    Sumber Belajar

v  Abdul Gaffar Karim. 2003. Kompleksitas Persoalan Otonomi Derah.Yogyakarta : Putaka Pelajar. Halaman 22-26
v  Sunarto. 2012. Dasar-dasar Pemahaman Hukum Tata Negara. Semarang : UPT MKK UNNES. Halaman 105

H.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Inturmen
Contoh Instrumen
·       Menjelaskan pengertian otonomi daerah
Penilaian  Tertulis
Pilihan Ganda

Lampiran 1

·       Menjelaskan berbagai peraturan perundangan mengenai otonomi daerah
Penilaian tertulis
Pilihan Ganda
Lampiran 1
·       Menjelaskan tujuan Otonomi Daerah
Penilaian  tertulis
Pilihan Ganda
Lampiran 1








Mengetahui :                                                                          Semarang,.........................2012
Kepala Sekolah,                                                                     Guru Pendidikan Kewarganegaraan,




...........................................                                                      ...........................................................





Lampiran 1

v  Pilihlah satu jawaban yang benar.

.
1. Kata Otonomi berasal dari bahasa . . . .
a. Belanda        c. Yunani
b. Inggris         d. Jerman

2. Kata Otonomi terdiri dari kata Autos dan Nomos yang artinya . . . .
a. Mengatur bebas      c. Mengatur semua
b. Sendiri mengatur   d. Mengatur masyarakat

3. Kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/99     b. 23/99      c. 32/99        d. 33/99

4. Hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk ,mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peratutan perundang-undangan. Kalimat ini adalah bunyi UU pemerintahan daerah nomor . . . .
a. 22/2004     b. 23/2004     c. 32/2004      d. 33/2004

5. Kasatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah tertentu, berwenang mengatur, mengurus kepentingan masyarakat dalam ikatan Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat ini adalah pengertian dari . . . .
a. otonomi daerah      c. Desentralisasi
b. otonomi penuh      d. Daerah Otonom

6. Penyerahan wewenang pemerintah oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah otonom dalam kerangaka Negara kesatuan Republik Indonesia. Kalimat ini adalah pengertian dari . . . .
a. otonomi daerah        c. Desentralisasi
b. otonomi penuh        d. Daerah Otonom

7. Perhatikan pernyataan berikut:
1. Peningkatan kesejahteraan rakyat 2. Pemusatan kekuasaan
3. Demokratisasi 4. Kurangnya pemerataan dibidang ekonomi
5. Pemerataan dan keadilan 6. Minimnya penyaluran aspirasi masyarakat
Pernyataan diatas manakah yang merupakan latar belakang adanya otonomi daerah ?.
a. 1, 2, 3       b. 4, 5, 6        c. 1, 3, 5           d. 2, 4, 6.

8. Di provinsi Papua dikenal adanya Majelis Rakyat Papua. Lembaga ini merupakan perwakilan budaya orang asli Papua yang memiliki wewenang dalam rangka perlindungan hak-hak orang asli Papua. Lembaga MRP ini dibentuk berdasarkan latar belakang otonomi daerah yakni . . . .
a. Penyaluran aspirasi masyarakat               c. Pemberdayaan budaya lokal
b. Penghormatan terhadap budaya lokal        d. Pemanfaatan budaya local

9. Otonomi daerah disebut juga dengan sistim . . . . .
a. Desentralisasi         c. Sentralisasi
b. Dekonsentrasi        d. Tugas pembantuan

10. Pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatannya bisa memiliki Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD) yang dapat bekerjasama dengan pihak ketiga dan melakukan pinjaman. Kalimat ini sangat sesuai dengan tujuan pemberian otonomi daerah terutama untuk peningkatan
a. Daya saing masyarakat        c. Kesejahteraan masyarakat
 b. Pelayanan masyarakat        d. Potensi daerah otonom


v  Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1      C. Yunani
2      B   sendiri menagtur
3      A   22/99
4      C   32/2004
5      D   daerah otonom
6      C   desentralisasi
7      D   2, 4, 6
8      B   penghormatan terhadap budaya lokal
9      A   desentralisasi
10    C   kesejahteraan masyarakat


Nilai      =Jumlah Jawaban Benar x 10

1 komentar: